Kabupaten Cianjur
Taman Bunga Nusantara

Jalan Mariwati KM 7
Desa Kawungluwuk
Kecamatan Sukaresmi - Cianjur, Jawa Barat

Telepon :
+62 263 581 617
+62 263 581 618
e-mail: tamanbunganusantara@yahoo.co.id

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga seluas 23 hektar yang terletak di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun teh Bogor. Diperkirakan ada 2000 jenis anggrek yang dirawat di sini. Selain budidaya anggrek, Taman Bunga Nusantara menyajikan berbagai taman yang bisa dinikmati untuk berbagai aktivitas. Taman yang tersedia yaitu:

1. Taman Air

Taman air memiliki bentuk dan warna yang memikat. Tanaman disini beradaptasi terhadap lingkungannya yang berair dengan dua cara, yaitu secara vertikal dan secara horizontal. Secara vertikal seperti Kana Air (Thalia Dealbata) yang merupakan asli Amerika Serikat bagian tenggara. Secara horizontal seperti Lotus (Nelumbo Nucifera) yang berasal dari Asia Timur dan Australia bagian Timur laut. Di Taman Air juga menanam teratai raksasa (Victoria Amazonica) yang berasal dari Amerika Selatan dimana bunga akan muncul di pagi hari atau menjelang petang.

2. Taman Mawar

Taman Mawar menyajikan berbagai bunga mawar yang berasal dari bumi bagian utara tepatnya China. Disini mawar diperlakukan secara khusus dari tatacara penyiraman, pemberian pupuk, dan penyiangan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kekuatan dan keindahan mawar dimana di daerah tropis tidak memiliki masa domant atau masa istirahat.

3. Taman Perancis

Gaya taman disini ditata seperti aselinya yang mengedepankan kerapihan, keserasian, dan keseimbangan bentuk. Desain geometris yang dipadupadankan dengan bunga warna-warni yang dipangkas rapi. Jenis tamanan hanyalah unsur kedua setelah penetuan desain taman. Taman Perancis awal mulanya diciptakan untuk melambangkan penguasaan manusia terhadap alam. Untuk menikmati Taman Perancis, Anda bisa menikmati dari dekat dan dari kejauhan. Untuk menikmati taman dari kejauhan, pengelola mengajak pengunjung melihat dari Menara Pandang.

4. Taman Rahasia

Taman rahasia merupakan salah satu taman yang banyak dikunjungi karena konsepnya yang unik. Taman rahasia mengadopsi Maze Garden dengan pola Renaissance dengan tetap mengedepankan makna awal keberhasilan Theseus merebut Adriane di jalan tak berujung. Untuk mengapresiasi pengunjung yang berhasil jalan keluar, pengelola menampilkan taman yang indah di tengah labirin.

5. Taman Bali

Saat berkunjung ke Taman Bali, Anda bisa merasakan suasana Bali yang tenang dan asri. Taman Bali menampilkan keunikan bangunan, patung, dan tanaman khas Bali seperti Candi bentar atau Gapura Pintu Masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Bunga yang ditanam disini didominasi bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia, serta tanaman tropis berdaun indah lainnya.

6.  Taman Mediterania

Taman Mediterania didesain untuk mengenalkan pada masyarakat lokasi taman di daerah gurun yang ada dikawasan Mediterania. Bangunan khas yang ada di Taman Mediterania merupakan rumah khas Mediterania yang digunakan untuk melindungi kaktus yang ada di dalamnya. Selain kaktus dan rumah khas, unsur lain ditampilkan seperti hamparan batu dan pasir putih yang mengarah pada keberadaan pantai Mediterania.

7. Taman Palem

Koleksi palem disini lebih dari seratus varietas dari berbagai tempat di dunia. Beberapa palem yang memiliki keunikan khusus diantaranya Washingtonia robusta atau Palem Kipas Meksiko yang berasal dari Meksiko. Tanaman unik lainnya adalah Screw Pine atau Pandanus utilis dari Madagascar.  Tanaman  ini dapat dengan mudah dikenali melalui batang dan daunnya yang melingkar-lingkar.

8. Taman Gaya Jepang

Disini Anda bisa menikamati suasana Jepang yang kental unsur batu, kayu, dan air. Di Taman Gaya Jepang, Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenagan ditemani gerakan air di kolam. Taman Gaya Jepang adalah solusi tempat istirahat yang cocok saat berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.

9. Rumah Kaca

Rumah Kaca atau yang lebih dikenal dengan nama Green House diperuntukan untuk  memberikan perlindungan terhadap tanaman dari musim dingin yang keras. Rumah Kaca yang berisi bunga-bunga dengan luas 2.000 m2 didesain dengan karya seni yang tinggi dimana memiliki 3.000 panel kaca, sistem pengaturan suhu, kelembapan, dan intesitas cahaya bergerak secara otomatis maupun manual sesuai kebutuhan.

Hotel Terdekat

Peluang Pariwisata Serupa