Kebun Raya Cibodas

709 Hits
Kabupaten Cianjur
UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI

UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Jl. Kebun Raya Cibodas, Kelurahan Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia
PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253
Telp. 0263-520448, 511385
Fax. 0263-512233
jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id
https://krcibodas.lipi.go.id/

Kebun Raya Cibodas

Terletak di kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Kebun Raya Cibodas salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Cianjur. Luasnya mencapai 80 hektar, tanah yang berbukit dengan ketinggian 1.275 m dpl dan curah hujan 2.380 mm per tahun. Wisata dengan suhu rata-rata 18 derajat Celcius ini didirikan pada 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Cibodas dikhususkan untuk mengoleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti tumbuhan runjung dan paku.

Pada awalnya, pendiri berniat menjadikan Kebun raya Cibodas sebagai perkebunan kina, namun Cibodas tidak cocok untuk tumbuhan tersebut. Tanggal 11 April 1852 bibit kina datang dari Belanda ke Batavia, kemudian dijadikanlah Kebun Raya Cibodas dijadikan hari lahirnya. Walaupun kina tidak jadi dibudidayakan di sini, pengelola membebaskan biaya masuk ke Kebun Raya Cibodas setiap tanggal 11 April.

Kebun raya Cibodas memiliki koleksi pepohonan yang beragam. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis tumbuhan hidup disini. Selain menawarkan pepohonan yang beragam dengan udara yang sejuk, tempat ini menyediakan lapangan rumput hijau yang luas sehingga cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga besar dan sahabat ataupun aktivitas lainnya. Disini, pengunjung bisa mengunjungi rumah kaca untuk menyaksikan 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek, taman sakura yang tumbuh 2 kali dalam setahun yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli dari Sakura serta faktor kontur tanah yang menyebabkan bunga sakura dapat tumbuh 2 kali dalam setahun.

Selain bunga Sakura yang merupakan bunga endemik Jepang, terdapat bunga langka kebanggaan Indonesia yaitu Rafflesia Arnoldii atau yang dikenal dengan nama Bunga Bangkai. Terdapat lebih dari 5 Bunga Bangkai yang tercatat sampai dengan tahun 2016. Peristiwa mekarnya Bunga Bangkai menjadi hal yang ditunggu masyarakat  karena hanya terjadi sekitar 9 bulan sekali dan periode mekar bunga hanya 5-7 hari.

Tak henti disuguhkan dengan keindahan yang ditawarkan seperti yang telah disebutkan, pengunjung bisa menikmati keindahan alam seperti air terjun. Sungai, air mancur, dan danau dengan air yang jernih. Banyak fasilitas yang ditawarkan Kebun Raya Cibodas. terdapat lapangan parkir yang luas sehingga dapat memuat puluhan kendaraan pribadi atau bus. Tersedia pula ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wana Wisata Cibodas, areal bermain anak-anak,  teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang dapat menampung 200 tenda.

Akses menuju Kebun Raya Cibodas dapat ditempuh dengan jarak 85 km dari Jakarta. Jika melewati jalur jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur sampai ke persimpangan Cimacan, waktu yang ditempuh sekitar 90 menit. Anda dapat menggunakan angkutan kota (angkot) dengan jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas sebagai transportasi menuju Kebun Raya Cibodas yang dengan mudah ditemukan di persimpangan Cimacan atau pasar Cipanas.

Tarif masuk ke Kebun Raya Cibodas sebesar Rp 9.500,- per orang, Tiket kendaraan roda dua Rp 5.000,- per motor dan tiket kendaraan roda empat Rp 16.000,- per mobil. Tiket tersebut sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putera.  Harga tiket tersebut berlaku sama pada hari kerja maupun hari libur, serta untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Ada keistimewaan untuk anda yang berkunjung pada tanggal 11 April, yang merupakan hari jadi

Kebun Raya Cibodas. Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Pada hari kerja, kendaraan roda dua dan roda empat dapat dibawa masuk keliling kebun raya. Pada akhir pekan dan libur nasional ketentuan tersebut tidak berlaku.

Kebun Raya Cibodas menyediakan jasa pemanduan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Jasa pemanduan ini juga dapat dipakai oleh pelajar maupun masyarakat umum. Karena daya tarik Kebun Raya Cibodas, banyak dari industry perfilman atau publikasi memanfaatkan lokasi ini sebagai latar pembuatan produk. Untuk pengambilan gambar seperti pemotretan atau shooting dikenakan tarif tertentu.

Sumber :

Hotel Terdekat

Peluang Pariwisata Serupa