Gunung Galunggung Tasikmalaya

288 Hits
Kabupaten Tasikmalaya
Pemerintahan Tasikmalaya

Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Desa Linggajati di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat memiliki wisata alam Gunung Galunggung dengan ketinggian sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut. Sampai sekarang gunung berapi ini masih aktif namun tetap saja orang datang berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan yang disajikan di Gunung Galunggung terutama kawahnya yang memiliki danau hijau yang cantik.

Gunung galunggungDari pusat Kota Tasikmalaya, Gunung Galunggung sendiri hanya berjarak 17 kilometer saja (Sumber: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat). Di objek wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan lokal ini yang paling terkenal adalah kawah Gunung Galunggung. Untuk menuju kawah yang berada di puncak gunung ini para wisatawan tidak perlu bersusah payah mendakinya karena pengunjung dapat mendaki 620 anak tangga hingga sampai ke puncak. Dalam perjalanan menuju kawah tersebut pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang luar biasa seperti Hutan Ericaceous dan Hutan Montane. Sepanjang perjalanan anda bisa menikmati pohon-pohon rindang, udara sejuk sepoi-sepoi, hutan, dan sebagainya.

Foto gunung galunggung tasikmalaya

Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya terkenal sebagai tempat memancing karena di danau kawah tersebut terdapat banyak habitat laut seperti ikan warna-warni yang bisa ditangkap. Danau yang memiliki air berwarna hijau tersebut berada di dasar kawah Gunung Galunggung. Di area objek wisata kawah tersebut juga banyak terdapat warung-warung makan yang menjajakan, masakan, makanan-makanan ringan dan minuman segar. Di tengah-tengah kawah ada sebuah gugusan pulau kecil yang di atasnya terdapat bendera Indonesia Merah Putih yang berkibar dengan gagahnya.

Foto gunung galunggungPengunjung yang ingin tinggal lebih lama di objek wisata ini bisa berkemah di sekitaran kawah. Selain fasilitas memancing dan berkemah, gunung ini juga memiliki beberapa fasilitas lainnya yang disediakan oleh Perum Perhutani seperti pemandian air panas, dan kolam renang. Kamar mandi beserta bak untuk berendam air panas pun juga disediakan bagi para pengunjung. Jika anda berasal dari ibu kota dan ingin berkunjung ke objek wisata ini maka diperlukan waktu sekitar tujuh jam sampai dengan delapan jam dengan kendaraan pribadi atau bus. Untuk itu lebih baik memulai perjalanan di malam hari dan anda akan tiba di objek wisata Gunung Galunggung saat pagi.

Sumber : Objek Wisata Alam

Hotel Terdekat

Peluang Pariwisata Serupa