Layanan OSS Pindah ke Kantor BKPM

Januari 10, 2019
-

Kantor untuk Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau lebih dikenal dengan online single submission system (OSS), dipindahkan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada hari Rabu, 2 Januari 2018 dari Kantor Kemenko Perekonomian. Kantor tersebut bertugas menjalankan sistem berbasis web untuk mengajukan atau mengelola izin usaha bagi perusahaan di berbagai sektor, kecuali sektor keuangan dan pertambangan.

Sebelumnya, sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono mengumumkan migrasi operasi layanan OSS dimulai pada 2 Januari 2018. Ada tiga elemen utama untuk OSS; layanan operasional, sistem OSS, dan infrastruktur OSS.

Susiwijono mengatakan bahwa migrasi sistem layanan OSS dapat diselesaikan dengan cepat, tetapi untuk infrastruktur, akan memakan waktu setidaknya dua bulan untuk memigrasikannya dari kementerian ke gedung BKPM. Dia mengatakan BKPM akan bertanggung jawab untuk sistem operasional layanan OSS, sementara kantor Kemenko Perekonomian masih akan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan upaya antara kementerian terkait dan lembaga pemerintah lainnya untuk menyelesaikan reformasi peraturan, termasuk menyelaraskan beberapa peraturan yang masih saling bertentangan di masing-masing lembaga.

Berita Serupa