High Level Meeting Forum West Java Incorporated 2018

47 Hits
Februari 14, 2018
-

Sebagai salah satu bentuk koordinasi dan perumusan strategi dalam rangka peningkatan investasi di Jawa Barat, Forum West Java Incorporated menyelenggarakan High Level Meeting 2018 dengan mengusung tema “Peluang dan Tantangan Investasi di Jawa Barat” pada hari ini, Selasa (13/2).

output2

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Bp. Ahmad Heryawan, yang menyampaikan arahan agar WJI dapat mendukung proyek investasi yang disampaikan oleh kabupaten/kota agar memiliki value added, terutama bagi proyek investasi terkait sumber daya alam (SDA). Hal tersebut disebabkan oleh adanya pergeseran tren faktor pendukung kemajuan suatu daerah dari SDA menjadi SDM dan sumber daya teknologi.

DSCF4033 (2)

Selain itu, Bapak Gubernur juga mengharapkan agar prioritas proyek investasi Jawa Barat tahun ini difokuskan pada proyek infrastruktur, seperti waduk dan sistem pengolahan air bersih. Sedangkan untuk bidang manufaktur, diharapkan Jawa Barat sudah dapat melakukan ekspor barang-barang dengan merk asli Jawa Barat sehingga “brand” Jawa Barat dapat semakin mendunia.

Oleh karena itu, Bapak Gubernur menyampaikan arahan kepada DPMPTSP kabupaten/kota untuk menyeleksi kembali proyek investasi yang ada di wilayahnya dan mengajukan proyek investasi yang sudah clean and clear ke DPMPTSP Provinsi dan WJI. Selain itu, pak Gubernur juga meminta Pemda kabupaten/kota untuk menganggarkan penyusunan studi kelayakan bagi proyek investasi yang potensial.

DSCF4107

Selanjutnya, HLM dilanjutkan dengan paparan dari Bp. Wiwiek Sisto Widayat, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat yang menjelaskan kondisi perekonomian Jawa Barat terkini dengan penekanan pada pentingnya pencarian sumber perekonomian baru serta diharapkan Jawa Barat dapat semakin memperlebar jarak antara PDRB dan inflasi pada tahun 2018 ini.

Bp. Wiwiek juga memaparkan mengenai laporan kegiatan WJI 2017 dan tantangan yang dihadapi selama tahun 2017, meliputi belum optimalnya kerja sama sister province/sister city, sebagian besar peluang investasi Jawa Barat belum dilengkapi dengan studi kelayakan, asimetri informasi antar instansi, perbedaan implementasi perizinan terpadu satu pintu antara Provinsi dengan kota/kabupaten, belum sesuainya fokus forum investor yang diikuti dengan proyek investasi yang ditawarkan serta dukungan Pemda terkait infrastruktur pendukung.

Lebih lanjut, Bp. Wiwiek menguraikan rencana program kerja WJI 2018 yaitu memperkuat akses pembiayaan, standarisasi perizinan satu pintu, peningkatan dan pemerataan investasi, peningkatan akses pasar dan investor serta site visit dan investor meeting. Bp. Wiwiek menutup paparannya dengan himbauan kepada seluruh anggota WJI untuk dapat memperkuat koordinasi dan sinergi antar instansi serta mengharapkan komitmen dari seluruh anggota WJI agar Jawa Barat dapat memanfaatkan momentum yang dimiliki Indonesia.

ssDSCF4225 - Copy

Selanjutnya, HLM dilanjutkan dengan paparan Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat, Bp. Dadang Mohamad, terkait review kegiatan promosi investasi 2017, rencana kegiatan promosi investasi 2018, usulan tema investasi Jawa Barat 2018, serta proyek investasi yang masuk dalam green book dan brown book Jawa Barat 2018.

ssDSCF4243

HLM ditutup dengan paparan dari Kepala Balai Pengembangan Pembangunan dan Analisa Potensi Daerah BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, Bp. Agus Ismail, mengenai rencana pembangunan Provinsi Jawa Barat jangka menengah dan panjang.

Berita Serupa