PD Cahaya Agribiz

Industri Barang Konsumsi
Makanan & Minuman
Perusahaan Perorangan (PO)
Kp. Bojongloa - Sindangkerta, Cianjur
Kabupaten Cianjur
Rp.24.000.000,-
West Java Inc

ladabiz 1Usaha perkebunan ini dirintis Nurjaya sejak tahun 2011 dengan kepemilikan lahan seluas 5 hektar. PD Cahaya Agribiz mengaplikasikan sistem inti plasma pada usaha perkebunan, dengan jumlah petani plasma yang dibina hingga saat ini sebanyak 4 kepala keluarga. Jenis tanaman yang menjadi andalan utama PD Cahaya Agribiz adalah lada. Untuk persaingan usaha, PD Cahaya Agribiz termasuk salah satu pemasok besar pada komoditas lada di wilayah Cianjur. Mitra terpenting bagi PD Cahaya Agribiz adalah pembeli hasil panen, dan tentu saja para petani plasma.

ladabiz 2Selain aktif dalam menjalankan usaha perkebunan, Nurjaya juga aktif mengajar di suatu perguruan tinggi dan menjadi narasumber maupun trainer di berbagai kegiatan seputar pertanian. Beberapa diantaranya adalah menjadi Tenaga Ahli Utama di majalah Trubus dalam Program Urban Farming Bank Indonesia. Mulai Juni 2015 sampai Maret 2016, Nurjaya membina anggota PKK se-DKI Jakarta sebagai tenaga pelaksana, sedangkan untuk periode November 2015 sampai Juli 2016 akan membina tenaga pelaksana yang terdiri dari warga di Rumah Susun Daan Mogot dan Rumah Susun Cipinang Besar Selatan.

Selain itu, Nurjaya juga merupakan salah satu peserta WUBI yang mengikuti kegiatan Business Matching, Sosialisasi dan Market Study dalam rangka Implementasi Program Kerja West Java Incorporated (WJI) di Belgia dan Belanda pada tahun 2015. Keikutsertaannya itu diharapkan akan membuka pintu bagi Cahaya Agribiz untuk memasuki pasar ekspor.

Perusahaan Serupa