Gapoktan Simpatik

Pertanian
Tanaman Pangan
Koperasi
Jl. Raya Ciawi Km.10, Cidahu, Cisayong, Tasikmalaya
Kabupaten Tasikmalaya
Rp.0,-

Email: gapoktan_simpatik@yahoo.co.id
Phone: 082118999222

West Java Inc

gapoktan simpatik 1Kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Adanya peningkatan kebutuhan pangan di dunia akibat pertambahan penduduk telah mendorong adanya Revolusi Hijau. Namun, saat ini disadari revolusi hijau banyak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan termasuk manusia. Hal ini mendorong adanya sistem pertanian yang selaras dengan alam yang dikenal dengan pertanian organik. Beras sebagai salah satu komoditas pangan utama dunia telah banyak di budidayakan dengan sistem pertanian organik. Kebutuhan beras organik di dunia termasuk di Indonesia, terus meningkat dengan pesat seiring dengan meningkatnya permintaan bahan pangan organik, namun ketersediaan beras organik saat ini belum dapat mencukupi seluruh permintaan yang ada.

Luas lahan sawah di Kabupaten Tasikmalaya seluruhnya seluas 134.921 ha dengan total produksi  845.027 ton (DDA Kab. Tasikmalaya 2013). Total produksi padi di Kab. Tasikmalaya merupakan kapasitas produksi nomor 6 di Provinsi Jawa Barat. Sementara itu, luas lahan sawah organik baru mencapai 7.102 ha dan luas lahan sawah organik yang tersertifikasi baru seluas 352 ha.

Gapoktan Simpatik didasari oleh kebutuhan pemasaran kelompok-kelompok tani yang sudah melakukan budidaya organik sejak tahun 2000. Terbentuklah Gapoktan Simpatik pada tahun 2009 yang terdiri dari 25 kelompok tani yang tersebar di 8 kecamatan di Kab. Tasikmalaya. Setiap tahun keanggotaan selalu bertambah. Pada tahun 2009 Gapoktan Simpatik berhasil mendapatkan sertifikasi organik internasional dari lembaga sertifikasi IMO (Institute For Marketcology) Swiss sehingga berhak untuk mengekspor ke seluruh dunia.

Luas lahan sawah yang telah disertifikasi organik internasional oleh IMO Swiss seluas 320 dan sebagian oleh BioCert untuk SNI Organik. Bulan Mei 2010 anggota Gapoktan Simpatik bertambah 6 kelompok tani setelah disertifikasi Organik Indonesia oleh Lembaga Sertifikasi Sucofindo sehingga total areal sawah organik Gapoktan Simpatik mencapai 352 ha.

Pada bulan Agustus 2009 Gapoktan Simpatik melakukan ekspor perdana beras organik ke Amerika sebanyak 18 ton melalui pihak ketiga yaitu PT Bloom Agro. Total ekspor beras organik sampai tahun 2015 adalah sebesar 571 ton. Ke tujuh negara tujuan ekspor beras organik Gapoktan Simpatik yaitu Amerika Serikat, Malaysia, Jerman, Singapura, UEA, Belanda dan Italia. Pada Januari 2015, Gapoktan Simpatik melakukan kerjasama dengan SOGO dan Rans Market untuk pemasaran pasar lokal. Untuk pemasaran beras organik di pasar lokal, saat ini sedang dilakukan penjajagan kerjasama dengan Superindo dan Yogya Supermarket. Pangsa pasar beras organik terbesar masih pasar ekspor sebesar 80%, sementara pasar lokal masih 20%. Ke depan pasar lokal akan semakin diperbanyak karena pasar masih terbuka luas. Saat ini kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi bahan pangan organik semakin meningkat.

Perusahaan Serupa